link drive: tinyurl.com/or1drive
PETA DEADLINE TUGAS OR 1
dalam menjalankan perkuliahan pasca UTS ada beberapa tugas pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman anda . Jadwal pengumpulan tugas dapat anda lihat di
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1dsLIK7qHC7j-_oWyoo8GVWbm07ViywSB0cDO1xhdXbo/edit?usp=sharing
pengumpulan tugas bila pada waktunya berpeluang mendapat A untuk tugas tersebut
Pengumpulan dapat menyusul setelah deadline namun nilai maksimal menjadi AB, dan terus menurun untuk pengumpulan berikutnya
PETA VIDEO PEMBELAJARAN OR 1 Bahasa Inggris
teradapat 12 bab di matakuliah OR 1
1.satu kelas ditugaskan untuk membaut video pembelajaran matakuliah tersebut
2.buat berdasarkan video dan slide yang telah dibuat dosen
3.buat slide dan video dalam bahasa inggris
4.Kumpulkan file video dalam bentuk flashdisc ke dosen
TUGAS Besar: Merancang Model Matematika dari OR 1 untuk menyelesaikan permasalahan
Kasus:
Anda diminta pemerintah untuk membentuk sebuah tim consultant yang mengembangkan sector usaha di Indonesia menggunakan model yang telah dipelajari dari mata kuliah Operation Research 1 (Programa Linear, Integer Programming, Transportasi, Penugasan, Minimum Spanning Tree, Lintasan Terpendek, Traveling salesman Problem, Maximum Flow, Vehichle Routing Problem, Transhipment) jumlah mahasiswa yang memilih masing-masing metode harus rata (untuk kelas ti INT per metode maksimum 2 orang)
Instruksi
- Buat Perusahaan Engineering Consultant Beranggotakan 1 orang
- Beri nama, logo, dan jargon yang menarik bagi tim anda. Misalkan “Orange Consultant”
- Pilih satu atau lebih objek kajian anda. Sebuah sentra Industri di Kota Bandung
- Teliti kondisi objek anda
- Dalam satu kelas objek kajian tidak boleh sama. Harus berbeda-beda. Objek Kajian tidak boleh “Rumah makan atau usaha kuliner berbentuk rumah makan lainnya”. DIkarenakan sudah dilakukan oleh angkatan sebelumnya. Untuk meningkatkan kreatifitas, maka diharuskan memilih objek yang berbeda.
FORMAT ALTERNATIF
Abstrak
Bab 1 Pendahuluan
Latar Belakang
Formulasi Masalah
Tujuan
Ruang lingkup permasalahan
Bab 2 Teori dam Literatur Terkait
Paper-paper pendahulu yang mirip membahas topic anda (minimal 3 paper)
Bab 3 Metodologi
Langkah-langkah rinci yang digunakan untuk memecahkan masalah dan memenuhi tujuan/objektif yang telah ditetapkan pada BAB 1, jelaskan secara deskriptif dan menggunakan flow chart serta berikan deskripsi tools yang digunakan dalam setiap langkah.
Penentuan Kebutuhan Data (Structural Data,Operational Data,Numerical Data)
Identifikasi sumber data dan Prosedur Pengumpulan data
Pengembangan Asumsi Data
Bab 4 Mathematical Modelling
Pengumpulan dan Pengolahan data awal
Narasi Persoalan yang dihadapi
Penentuan Fungsi Tujuan, Paramter, Variabel, Constraint
Model Matematika
Bab 5 Analisis Solusi
Proses Pencarian Solusi Manual
Proses Pencarian Solusi Menggunakan Software
Analisis Sensitifitas
Analisis Solusi
Bab 6 Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
karya teladan sebagai contoh, dan format penulisan beserta contohnya, dapat anda download di
link: https://drive.google.com/folderview?id=0B7jB2NfHgwveMWtrQklFVUw4XzA&usp=sharing
format penulisan paper dapat dilihat di : http://rioaurachman.staff.telkomuniversity.ac.id/2016/04/01/format-penulisan-jrsi/
TUGAS Breaktrough
tugas ini bertujuan agar mahasiswa dan masyarakat akademik mendapatkan bahan perkuliahan yang mutakhir dan sesuai dengan perkembangan zaman, maka perlu mengadopsi perkuliahan dari kampus-kampus di luar negeri
Pilih satu buah matakuliah dari Operation research Center di MIT, linknya berikut:
http://web.mit.edu/orc/www/academics/MIT-OCW-OR.html
setiap mahasiswa harus memilih judul matakuliah yang berbeda. Kemudian search judul mata kuliah tersebut di google,
1.download file perkuliahan yang ada. (Power point, pdf, video dll)
2.Baca dan pahami
3.Kerjakan satu contoh soal dari perkuliahan tersebut
4.ceritakan ulang dan jelaskan secara sederhana dalam bentuk file power point
5.upload pada drive masing-masing
contoh file yang sudah dikumpulkan : https://drive.google.com/folderview?id=0B7jB2NfHgwvedVc2ZXFfeGc1bFU&usp=sharing
TUGAS Translate Buku
buku adalah hal penting bagi pembelajaran mahasiswa di universitas, Biaya buku yang yang mahal menjadi tantangan tersendiri. Di sisi lain buku yang ada berbahasa Inggris sehingga sulit untuk dipahami masyarakat Indonesia. oleh karena itu akan dilakukan sebuah proyek translasi buku, dimulai dari buku OR 1.
link download buku dapat diakses di:
http://web.mit.edu/15.053/www/
setiap mahasiswa bertugas untuk mentranslate satu buah halaman. Di setiap kelas harus ada satu orang yang berfungsi sebagai reviewer dan integrator seluruh halaman buku. Pemilihan halaman dan pembagian tugas diserahkan kepada kelas masing-masing. Setelah dilakukan translate dan digabungkan, upload di drive kelas
TUGAS Soal Unik
selesaikan soal unik yang diberikan dosen menggunakan
1.cara manual
2.Penyelesaian menggunakan software solver excel
3.Penyelesaian menggunakan software Lingo
4.Bandingkan hasil ketiga metode yang telah dilakukan
soal yang diujikan adalah sebagai berikut (Tiap mahasiswa mengerjakan sesuai dengan nomor urut absen, tiap mahasiswa tidak boleh mengerjakan soal yang sama)
download pembagian soal di link berikut: https://drive.google.com/folderview?id=0B7jB2NfHgwvebG5vMkNSazNOSDA&usp=sharing
1.Transportasi
a.NWC-UV
b.Leastcost-Stepping Stone
c.VAM-Stepping stone
2.Assignment Problem
3.Integer Programming
4.Travelling Salesman Problem
TUGAS Tiga Lembar Latihan
selesaikan permasalahan latihan di 3 lembar latihan yang diberikan
TUGAS 7 Menyelesaikan Soal yang dibuat mandiri dengan analisis sensitifitas simplex
lakukan analisis sensitifitas dari tugas 5 dan tugas 3
1.analisis sensitiftas simplex tugas 3
2.analis sensitifitas grafis tugas 3
3.analisis sensitiftas simplex tugas 5
4.analis sensitifitas grafis tugas 5
satu kelas tidak boleh sama
penilaian
A:menyelesaikan 4 perintah
B:Menyelesaika 3 perintah
C:Menyelesaikan 2 perintah
D:Menyelesaikan 1 perintah
E: Tidak menyelesaikan
boleh melakukan perbaikan atau menyusul dalam pengumpulan tugas, tapi bila tidak diselesaikan pada deadline pertama, nilai maksimal AB
TUGAS 6 Video dan Latihan Sampai Analisis Sensitifitas Simplex
pelajari Or 1 dari video yang diberikan. kerjakan latihan yang terdapat pada video hingga bab analisis sensifitas simplex. Pengerjaan menggunakan tulis tangan. Dipresentasikan pada pertemuan terdekat (Dipresentasikan sejauh dan semampu dikerjakan)
penilaian
A:Menyelesaikan tiga latihan (7a,7b,7c)
B:Menyelesaika dua latihan
C:Menyelesaikan satu latihan
E: Tidak menyelesaikan
boleh melakukan perbaikan atau menyusul dalam pengumpulan tugas, tapi bila tidak diselesaikan pada deadline pertama, nilai maksimal AB
TUGAS 5Menyelesaikan soal yang dibuat dengan simplex big M dan 2 phase dan grafis
buat soal minimasi dengan dua variable dan 3 constraint (lebih dari sama dengan). satu kelas soalnya tidak boleh sama. lalu lakukan
1.pencarian solusi dengan metode grafis
2.mencari solusi dengan metode big M
3.dan 2 phase
pilihan soal dapat dilihat di link http://rioaurachman.staff.telkomuniversity.ac.id/2016/02/02/soal-pilihan-big-m-dan-2-phase/
penilaian
A:Menyelesaikan 3 perintah sempurna
B:Menyelesaika 2 perintah sempurna
C:Menyelesaikan 1 Perintah Sempurna
E: Tidak menyelesaikan
bila tidak diselesaikan pada deadline pertama, nilai maksimal AB
TUGAS 4 Video dan Latihan Sampai Simplex Big M dan 2 phase
pelajari Or 1 dari video yang diberikan. kerjakan latihan dengan metode:
- Grafis
- big M
3.Metode 2 phase.
Pengerjaan menggunakan tulis tangan. Dipresentasikan pada pertemuan terdekat (Dipresentasikan sejauh dan semampu dikerjakan)
soal latihan:
Minimasi Z = 5x1 + 3x2
2x1 + x2 ≥ 6
2x1 +2x2 ≥ 8
non negative
penilaian
A:Menyelesaikan 3 perintah sempurna
B:Menyelesaika 2 perintah sempurna
C:Menyelesaikan 1 Perintah Sempurna
E: Tidak menyelesaikan
bila tidak diselesaikan pada deadline pertama, nilai maksimal AB
TUGAS 3 Menyelesaikan soal yang dibuat dengan simplex dan grafis
buat soal maximasi dengan dua variable dan 3 constraint (kurang dari sama dengan). satu kelas soalnya tidak boleh sama. lalu lakukan
1.pencarian solusi dengan metode grafis
2.analisis sensitifitas dengan metode grafis
3.mencari solusi dengan metode simplex
Penilaian:
A:Menyelesaikan 3 perintah sempurna
B:Menyelesaika 2 perintah sempurna
C:Menyelesaikan 1 Perintah Sempurna
E: Tidak menyelesaikan
TUGAS 2 Video dan Latihan Sampai Simplex
pelajari Or 1 dari video yang diberikan. kerjakan latihan yang terdapat pada video hingga bab simplex. Pengerjaan menggunakan tulis tangan. Dipresentasikan pada pertemuan terdekat (Dipresentasikan sejauh dan semampu dikerjakan)
Batas Penyelesaian/Nilai
5M = A
5i = AB
5D = B
4D = BC
3G = C
3b = D
sisanya = E
TUGAS 1 Rencana Outstanding
ketua kelas harap membuat rencana outstanding bersama rekan satu kelasnya. Pilihan outstanding dapat dilihat di : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1kJfPUF7YwWUJtIVw1r7bGPhWHIWI76tlqaD-LYvUM_A/edit?usp=sharing
kemudian merekap rencana outstanding dalam format excel dengan kolom no/nim/nama/rencana outstanding
upload di folder kelas masing-masing